Hindari 3 Hal Berikut Saat Mengajari Anak Menulis


Tidak mudah memang membujuk seorang anak yang masih batita untuk belajar mengenai sesuatu hal termasuk untuk dapat belajar menulis, membaca dan berhitung. Diperlukan cara cerdas yang dapat membuatnya ingin belajar, salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah membuatnya tetap bereksplorasi sesuai dengan keinginan, namun tetap dalam pengawasan dan bimbingan anda. Seperti saat anda ingin mengajarinya menuliskan sebuah huruf, kata hingga kalimat, tentu diperlukan cara yang tepat untuk membuatnya mau belajar menulis

Anda dapat memilih metode yang menyenangkan agar disukai oleh anak-anak, selain itu bunda juga dapat mengajarinya menulis sambil bermain, jadi akan terasa lebih santai dan si kecil pun tidak merasa terbebani dengan pembelajaran yang diberikan. Seorang anak yang masih berusia 3 hingga 5 tahun biasanya memiliki mood atau suasana hatinya sendiri, dan sebaiknya sebagai orangtua tentu harus lebih memahami mood anak dan semestinya mengarahkan mood tersebut menjadi sesuatu hal yang baik seperti mengalihkan perhatiannya pada media menarik pada saat belajar menulis. akan tetapi dalam mengajarinya menulis, sebaiknya anda menghindari 3 hal berikut ini agar si kecil kembali lagi ingin belajar bersama anda. 

Hindari memaksakan kehendak pada anak. Pada masing-masing tahapan usianya, seorang anak biasanya melakukan sesuatu yang dia pikir menyenangkan untuknya tanpa memperdulikan hal lainnya. sehingga pada saat itulah peranan dan tugas sebagai orangtua sangat penting untuk dapat mendidiknya menjadi pribadi yang cerdas. Tak terkecuali saat anda ingin mengajarinya menulis, sebaiknya jangan terlalu memaksakan jika Ia tidak ingin melakukannya, karena hal tersebut dapat menimbulkan trauma bahkan hingga si kecil tidak mau belajar sama sekali. 

Buatlah cara atau metode pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Cara-cara yang ringan serta mudah untuk dimengerti oleh seorang anak, akan mampu membuat menumbuhkan minatnya dalam belajar menulis. anda dapat melakukannya dengan cara mengetahui apa yang disukai dan apa yang ingin dilakukannya, sehingga anda menjadi tahu dan mengerti waktu serta cara yang tepat untuk mengajarinya menulis. selain itu metode yang menyenangkan yang diterapkan pun akan membuat suasana hati si kecil semakin mau dan ingin belajar. 

Hindari menggunakan kalimat bernada perintah. Saat mengajari anak menulis, sebaiknya gunakanlah kalimat yang dimengerti oleh anak-anak, hindari kalimat dengan nada perintah atau menyuruh seperti kalimat tuliskan nama kamu di kertas. Kalimat tersebut dapat anda ganti dengan coba kamu tahu tidak huruf apa saja yang dapat membentuk menjadi nama kamu ? hal seperti ini penting untuk dilakukan dengan tujuan membuat si kecil tidak terbebani dengan pengajaran yang telah diberikan.
Share on Google Plus

About Sebul Hocky