Secara etimologis public relation berasal dari dua suku kata yaitu public yang berarti public atau bisa artikan masyarakat dan relation...

Secara etimologis public relation berasal dari dua suku kata yaitu public yang berarti public atau bisa artikan masyarakat dan relation yang mempunyai arti hubungan. Jadi Public relation secara umum bisa diartikan Suatu kegiatan komunikasi dan gagasan-gagasan atau ide dari lembaga/perusahan kepada masyarakat begitu juga sebaliknya dalam usaha mewujudkan kepentingan bersama sehingga dengan adanya komunikasi tersebut tidak terjadi kesalahpahaman diantara kedua belah pihak. Strategi komunikasi pr harus dilakukan oleh setiap perusahaan. Karena dengan adanya komunikasi, akan lebih berdampak positif bagi perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari.
Setiap perusahaan pastinya mempunyai Strategi komunikasi pr yang berbeda-beda sesuaikan dengan permasalahan yang ada serta karakter masyarakatnya. Citra positif yang diberikan masyarakat kepada perusahaan tidak serta merta datang begitu saja tanpa ada strategi yang baik dari perusahaan. Tidak jarang kebijakan yang ada pada suatu perusahaan bertolak belakang dengan kehendak masyarakat. Apabila perusahaan tersebut tetap menjalankan kebijakannya, tentu akan berdampak pada citra perusahaan tersebut.
Maka dari itu, perusahaan harus memiliki strategi khusus agar citra perusahaan tidak jelek dimata publik. Dengan demikian, kebijakan yang dibuat dapat menghasilkan keputusan yang win-win solution bagi kedua belah pihak. Perusahaan pun dapat mengeksekusi kebijakan yang dibuat tanpa perlu khawatir karena sudah ada komunikasi dengan publik. Citra sendiri mempunyai arti pandangan atau pola pikir yang berkembang di masyarakat terhadap realita yang terjadi yang dalam hal ini adalah perusahaan.

Setiap perusahaan pasti mempunyai citra tersendiri dan citra itu tentunya datang dari konsumen atau pelanggan produk perusahaan tersebut. Jika perusahaan pandai dalam melakukan strategi komunikasi, otomatis akan berdampak pada citra perusahaan tersebut dan juga akan berpengaruh terhadap penjualan perusahaan. Salah satu syarat agar perusahaan dapat berkembang dan maju adalah citra yang positif. Pada hal strategi komunikasi dari perusahaan sangat berperan aktif dalam menentukan citra yang positif tentunya. Public relation sangat berperan aktif secara langsung maupun tidak langsung dalam memberikan informasi dan mengkomunikasikan semua ide dan gagasan dari suatu perusahaan.
COMMENTS