Citra perusahaan di mata publik dapat terlihat dari pendapat atau pola pikir pada saat mempersepsikan realitas yang terjadi atau bisa d...
Citra perusahaan di mata publik dapat terlihat dari pendapat atau pola pikir pada saat mempersepsikan realitas yang terjadi atau bisa didapat jika teori strategi humas dikuasai. Citra perusahaan adalah adanya persepsi yang berkembang di benak publik terhadap realitas. Untuk mendapatkan citra yang diinginkan, perusahaan harus memahami secara persis proses yang terjadi ketika publik menerima informasi mengenai kenyataan yang terjadi. Reputasi/nama baik organisasi merupakan penilaian atas seluruh citra organisasi yang ada dalam benak masyarakat. Pengukuran reputasi umumnya disusun secara kualitatif. Meskipun ada indikator-indikator yang dapat menjadi acuan reputasi, sejatinya reputasi hanya dapat diukur melalui persepsi masyarakat. Pada pengambilan keputusan khalayak atau penyusunan kebijakan, maka reputasi merupakan salah satu komponen yang dinilai. Kepemimpinan organisasi, upaya yang telah dilakukan, filosofi perusahaan akan mencerminkan kredibilitas organisasi dan integritas anggota organisasi yang akan memberikan rasa percaya kepada masyarakat.
Berbagai program teori strategi humas yang dapat dilakukan olah Humas untuk membangun citra positif organisasi yaitu dengan melakukan kegiatan-kegiatan sebagai berikut Yang dibagas oleh misi.id:
- Hubungan pers dimaknai dengan memahami seluk beluk dunia jurnalistik, serta landasan peraturan yang menjadi landasan hukumnya. Bentuk-bentuk kegiatan pers yang dapat dilakukan antara lain penyusunan press release, press conference, press briefing, press tour, press events, press coverage, hingga interview. Sementara sebagai penyeimbang, Humas juga perlu mengelola media internal, baik berupa majalah, newsletter, laporan berkala, laporan pencapaian (achievement report), media online, publikasi cetak (leaflet, brochure, poster, outdoor graphic) hingga liputan khusus untuk ditampilkan pada media internal.
- Unit pengelola database baik berupa gambar maupun materi audio visual serta pengolahannya adalah unit perpustakaan dan dokumentasi. Signifikansi unit ini adalah dokumentasi dapat menjadi bukti apabila diperlukan.
- Bagian Hubungan Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri menjadi liason officer organisasi. Badan ini perlu bertindak proaktif agar dapat menyusun kegiatan kerja sama yang bermanfaat bagi kedua belah pihak. Jaringan komunikasi dan kerja sama yang baik merupakan pintu gerbang terhadap terwujudnya citra positif organisasi dalam persepsi organisasi mitra.
COMMENTS