Salah satu strategi pemasaran bisnis yang dinilai ampuh di era digital ini, adalah pembuatan content marketing . Sebab hal ini sebagai bent...
Salah satu strategi pemasaran bisnis yang dinilai ampuh di era digital ini, adalah pembuatan content marketing. Sebab hal ini sebagai bentuk adaptasi sebuah bisnis, dalam mengarungi pertarungan bisnis, di era yang sudah serba canggih seperti sekarang.
Mengenal Konten Marketing
Content marketing ini sendiri merupakan sebuah pendekatan strategis dalam sebuah bisnis, untuk membuat serta mendistribusikan berbagai konten yang relevan, bernilai, dan menarik atensi dari target audiens.
Mengingat tujuan utama dari strategi pemasaran yang satu ini adalah, bisa menarik perhatian, mempertahankan minat konsumen, dan juga melibatkan keputusan akhir agar bisa mempengaruhi konversi pembelian produk atau jasa yang ditawarkan.
Bagaimana Cara Membangun Content Marketing yang Baik?
Untuk bisa memulai pembuatan konten marketing yang baik dan juga efektif, sejatinya bisa Anda mulai dengan mengikuti berbagai tahapan sebagai berikut:
Menentukan tujuan bisnis Anda
Pertama, Anda harus menentukan terlebih dahulu terkait tujuan bisnis apa yang ingin dicapai dengan menjalankan strategi pemasaran yang satu ini.
Entah itu untuk menghasilkan lead, meningkatkan brand awareness, meningkatkan angka penjualan, atau membangun kepercayaan target audiens bisnis Anda?
Dengan menetapkan tujuan bisnis yang jelas, tentunya akan membantu Anda dalam mengarahkan strategi pembuatan konten yang lebih terarah, untuk menuju kesuksesan Anda dalam berbisnis.
Menyesuaikan dengan target audiens
Agar pembuatan strategi pembuatan konten marketing ini berjalan lebih efektif, maka penting untuk bisa memahami dulu siapa target audiens potensial bisnis Anda.
Untuk mempermudah, Anda bisa membuat profil buyer persona, dengan mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan demografi, kebutuhan, preferensi, serta permasalahan yang sering dihadapi oleh calon target audiens bisnis Anda.
Dengan melakukan hal ini, secara otomatis akan membantu Anda dalam menghasilkan berbagai konten yang lebih relevan, dan juga memiliki daya tarik yang tidak bisa ditolak oleh calon konsumen bisnis Anda.
Pembuatan konten yang berkualitas
Salah satu kunci utama dalam keberhasilan sebuah strategi konten marketing ini adalah, dengan pembuatan konten yang berkualitas.
Untuk itu, pastikan untuk Anda selalu mengemas pembuatan kontennya dengan lebih informatif, relevan dan juga bisa mendatangkan manfaat bagi para calon target audiens.
Gunakan berbagai macam format konten yang menarik untuk menjaga keragaman dan juga ketertarikan terhadap bisnis Anda, seperti pembuatan artikel, infografis, video, dan konten visual yang lainnya.
Mendistribusikan konten dengan tepat
Langkah yang tidak kalah pentingnya dalam menjalankan strategi pembuatan konten marketing ini adalah, mendistribusikan konten pada platform yang tepat.
Sejatinya ada beberapa platform yang bisa dipilih untuk menjangkau target audiens bisnis Anda, seperti blog, email marketing, media sosial dan lain sebagainya.
Upayakan untuk Anda bisa menentukan platform apa yang tepat, agar bisa menjangkau konsumen dengan lebih tepat, dengan melakukan berbagai pertimbangan seperti mempelajari preferensi serta kebiasaan mereka.
Mengingat content marketing ini merupakan salah satu strategi yang ampuh dalam mencapai tujuan sebuah bisnis, maka perlunya Anda menerapkan strategi ini dengan lebih proper.
Kalaupun dirasa sumber daya internal dalam perusahaan Anda belum bisa memaksimalkan strategi yang satu ini, maka bisa mengandalkan jasa digital agency terpercaya seperti misalnya Ideoworks.
Dengan berisikan tim yang sudah berpengalaman dalam ranah digital marketing, sudah tentu menjalankan strategi pembuatan konten marketing ini akan jauh lebih baik, dan juga dikemas secara profesional.
Hubungi customer servicenya sekarang juga, untuk mulai berkonsultasi demi kemajuan bisnis Anda. Semoga bermanfaat!
COMMENTS