Kampanye media sosial atau social media campaign merupakan rangkaian kegiatan pemasaran yang dilakukan di media sosial. Tentunya jika kampa...
Kampanye media sosial atau social media campaign merupakan rangkaian kegiatan pemasaran yang dilakukan di media sosial. Tentunya jika kampanye ini berhasil dilakukan, ada banyak keuntungan yang bisa didapat oleh bisnis Anda. Lebih dari sekadar untuk meningkatkan penjualan, tapi juga memperkenalkan brand Anda ke pasar yang lebih luas, serta berguna untuk meningkatkan brand awareness.
Namun, Anda juga perlu tahu kampanye yang gagal bisa membuat kerugian bagi bisnis. Oleh sebab itu, sebelum melakukannya penting tahu tip membuat kampanye berhasil dan menguntungkan.
Tips Merancang Social Media Campaign
Kampanye bisnis yang dilakukan di media sosial melibatkan pembuatan konten yang strategis dan membangun hubungan dengan audiens. Dengan begitu, audiens dapat tertarik mengikuti bisnis Anda. Adapun beberapa tips merancang kampanye media sosial secara efektif yang bisa dilakukan ialah:
Tentukan Tujuan Kampanye
Pertama-tama, pastikan dulu apa tujuan dari kegiatan kampanye yang akan dilakukan, apakah untuk meningkatkan brand awareness, menambah pengikut atau meningkatkan penjualan. Dengan menentukan tujuan secara tepat, Anda bisa menjalankan kampanye secara lebih terarah.
Kenali Target Audiens
Mengenali target audiens juga jadi point penting dalam menjalankan kampanye. Hal ini dapat memudahkan Anda dalam membuat jenis konten yang sesuai sasaran, memilih platform yang efektif, serta menghasilkan interaksi yang lebih besar dengan audiens. Dalam hal ini, Anda perlu mencari tahu usia, jenis kelamin, lokasi, minat hingga platform media sosial yang biasa digunakan oleh target audiens Anda.
Pilih Platform yang Tepat
Selain untuk menyesuaikan target audiens, memilih platform yang tepat juga berguna untuk menyesuaikan jenis social media campaign yang akan dilakukan. Perlu dipahami, tidak semua platform media sosial cocok untuk semua jenis kampanye. Contohnya Instagram & TikTok yang ideal untuk konten visual dan video pendek, LinkedIn untuk kampanye profesional dan B2B, atau Twitter untuk diskusi dan real-time updates.
Buat Konten yang Menarik & Konsisten
Selanjutnya adalah membuat konten secara konsisten dan menarik. Anda dapat memainkan visual yang berkualitas sesuai dengan identitas brand dan menggunakan CTA (call to action) yang jelas untuk menarik perhatian audiens. Untuk membuat konten lebih menarik dan variatif, Anda juga dapat memanfaatkan fitur platform seperti stories, reels, polling, atau live streaming.
Melibatkan Interaksi Audiens
Tidak kalah pentingnya dengan memposting konten, berinteraksi langsung dengan audiens pun dapat mempercepat keberhasilan kampanye. Cobalah untuk mengumpulkan umpan balik yang jujur dari mereka, seperti komentar, like, atau bahkan kritiknya.
Untuk menjalin interaksi dengan audiens, Anda harus sesegera mungkin menanggapi komentar mereka dengan balasan yang sopan atau rasa penghargaan, sekalipun mereka memberikan komentar yang mengandung kritikan pedas.
Gunakan Hashtag & Kolaborasi Strategis
Untuk bisa menjangkau audiens secara lebih luas, Anda bisa mencantumkan hashtag yang relevan. Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan kolaborasi dengan influencer atau brand lain untuk mempercepat keberhasilan kampanye.
Pantau dan Evaluasi Kinerja
Yang tidak kalah penting untuk dilakukan dalam proses kampanye adalah memantau dan mengevaluasi hasil kampanye yang dilakukan. Untuk tahap ini, Anda bisa menggunakan fitur Insights, Ads Manager atau Google Analytics.
Jangan lewatkan juga untuk memantau engagement, reach, CTR, dan konversi kampanye. Dari sini, dapat Anda lihat apa yang berhasil dan apa yang gagal, sehingga strategi kampanye selanjutnya menjadi lebih baik.
Itulah sejumlah tips yang bisa dipraktikan untuk melakukan kampanye brand di media sosial. Jika dilihat-lihat, proses kampanye media sosial ini cukup menguras energi, Anda perlu menuangkan ide dan bersikap konsisten.
Namun kini, tak perlu khawatir, Anda bisa mempercayakan IDEAWORKS untuk menjalankan social media campaign tersebut. Tinggal duduk manis sambil menunggu kabar baik terkait keberhasilan marketing. Tidak perlu ragu lagi, hubungi segera IDEAWORKS.
COMMENTS